Jumat, 17 Juni 2011

Vasco Da Gama


1469 - Vasco da Gama lahir di Sines, pesisir barat daya Portugal
 8 Juli 1497 - Vasco da Gama dan para awaknya bertolak dari pelabuhan Lisabon dengan empat kapal.
  1. Sao Gabriel
  2. Sao Rafael
  3. Sao Miguel
  4. Sao Bras

4 November 1497 - Mereka mendarat di pantai Afrika, yang 10 tahun sebelumnya ditemukan oleh Bartolomeu Dias

16 Desember 1497 - Mereka tiba di Great Fish River - ujung perjalanan Bartolomeu Dias - lalu menelusuri jalur yang belum pernah dilewati orang Eropa sebelumnya. Pada saat itu, orang Arab mengendalilkan jaringan perdagangan di wilayah Samudra Hindia, termasuk pesisir timur Afrika. Jadi, untuk menghindari kontroversi, mereka pun menyamar sebagai orang Muslim. Sayangnya penyamaran mereka terbongkar dan akhirnya mereka dipaksa untuk meninggalkan Mozambique.
Februari 1498 - Mereka tiba di Malindi, yang pemimpinnya bermasalah dengan pemimpin Mambosa. Warganya pun jauh lebih ramah. Kemudian, berkat bantuan seorang pilot yang paham akan pergerakan angin di Samudra Hindia, mereka pun melanjutkan perjalanan menuju India.

18 Mei 1498 - Akhirnya mereka bisa melihat dataran Pantai Malabar, India dan pada tanggal 20, tibalah mereka di Kalkuta

1499 - Dia pulang ke Portugal sebagai pahlawan karena telah menemukan jalur laut untuk perdagangan ke daerah Asia Timur. Raja Emmanuel I pun memberinya gelar "Dom" - semacam gelar kebangsawanan. Tahun berikutnya, dia ditunjuk sebagai Laksamana Samudra Hindia.


12 Februari 1524 - Dia wafat - konon katanya akibat wabah malaria - pada saat kunjungan ketiganya ke India, tepatnya di daerah Kochi.

sumber: Brilio Magazine

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerita Anak Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting