Minggu, 10 April 2011

Burung Gagak dan Air Minum

Ada seekor burung gagak yang kehausan, dia berputar-putar di tempat rendah mencari air untuk minum. Setelah mencari cukup lama, tidak setetes air pun berhasil ditemukannya.
Pada saat dia hampir putus asa, tiba-tiba dia melihat tidak jauh dari tempatnya berada ada sebuah botol yang didalamnya berisi air. Gagak sangat senang, dia lalu terbang ke arah botol itu dan berhenti tepat disebelah botol. Akan tetapi air didalam botol itu terlalu sedikit, mulut botol juga terlalu kecil dan leher botol sangat panjang, jika dilihat lagi botol tersebut menyerupai bentuk kendi.

Bagaimanapun gagak berusaha, paruhnya tetap tidak bisa mencapai air. "Bagaimana ini, apa yang harus aku lakukan?" tanya gagak dalam hati sambil berjalan berputar-putar di sekeliling botol, akhirnya dia berhasil menemukan sebuah cara.
"Kalau aku menabrak botol itu hingga terguling, bukankah aku dapat meminum airnya?" Gagak merasa puas terhadap dirinya sendiri, dalam hati dia berpikir "asalkan botol itu pecah, aku akan dapat meminum airnya"

Kemudian dengan perasaan yakin gagak menabrak botol itu, tetapi botol air terlalu berat..
meskipun sudah mengerahkan seluruh tenaganya, botol tetap tidak bergerak sedikitpun. Walaupun sudah mencoba berkali-kali, gagak yang malang itu tetap tidak berhasil menggulingkan botol air. Selain haus gagak juga marah. Di dalam kemarahannya gagak membawa sebuah batu dengan paruhnya, lalu dengan kesal dia melepaskan batu tersebut dengan keras ke arah botol. Tidak disangka batu itu jatuh tepat di mulut botol dan masuk kedalam botol.

Gagak terbang turun, dia melihat botol itu tidak retak sedikit pun, dia merasa sangat kecewa. Akan tetapi diluar dugaan, gagak lalu mengamati dengan teliti bahwa pada saat batu tenggelam di dasar botol, kedudukan air dalam botol menjadi lebih tinggi dibanding sebelumnya. "Aku sudah menemukan caranya. Kali ini pasti berhasil dan aku bisa minum" gagak sangat gembira, sambil berkoak-koak dia mulai bergerak. Dia mengambil banyak sekali batu lalu memasukkannya satu persatu kedalam botol. Setiap kali gagak memasukkan batu, air didalam botol akan naik sedikit keatas, perlahan-lahan air di dalam botol mencapai mulut botol.

Gagak lalu memasukkan paruhnya ke dalam botol dan minum sepuasnya. Dia merasa, kalau air yang didapat dengan bersusah payah saat diminum terasa sangat manis dan segar. Gagak merasa sangat gembira, dia berdiri di pinggir mulut botol sambil bernyanyi riang.

Pesan moral: Melalui kisah ini, kita diingatkan untuk tidak mudah berputus asa meskipun sudah berkali-kali gagal karena segala sesuatu yang didapatkan dari hasil usaha sendiri jauh lebih menyenangkan daripada hasil pemberian orang. Jadi adik-adik, selalu berusaha dan pantang menyerah yaa ^_^v

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerita Anak Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting